Lembaga Sertifikasi Profesi dan Digital Fundraiser yang Kompeten
Pada 2 (dua) artikel sebelumnya (artikel 1 dan artikel 2), kita telah mengulas beberapa hal fundamental yang perlu kita perbaiki. Mari kita lanjutkan ke langkah penting berikutnya. Materi digital marketing ini dikupas tuntas pada pelatihan berbasi kompetensi yang diselenggarakan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi. Bagi teman-teman yang berminat dapat langsung mengakses https://lspdigital.id .
Ketiga, kita masuk kedalam proses attrack market. Fokus kita pada bagian ini adalah bagaimana calon donatur dapat dengan cepat dan mudah mengakses layanan dari lembaga kita. Hal yang dapat kita lakukan adalah implementasi Integrated Digital Marketing Communication (IDMC).
Dalam mengimplementasikan IDMC, ada empat strategi yang perlu kita lakukan yaitu push strategy, pull strategy, influencer strategy dan direct message strategy. Pada push strategy, kita perlu mengoptimasi iklan FB ads, google ads dan display ads. Sementara pada pull strategy, kita perlu mengoptimasi channel organik media sosial kita (key content, hashtag dst). Kemudian pada influencer strategy, kita perlu mempertimbangkan penggunakan jasa public figure/influencer untuk menarik audiens calon donatur kepada layanan lembaga kita. Terakhir, pada direct message, kita perlu terus mengembangkan layanan email marketing, whatsapp marketing dan lain sebagainya.
Dari aspek konten, kitapun perlu melakukan customize strategy untuk mendapatkan interest dari calon donatur. Sementara dari aspek audiens, kita perlu menerapkan niche/targeted strategy.
Keempat, setelah calon donatur tertarik lalu mulai berinteraksi dengan lembaga kita hingga berdonasi, maka bagian fundamental berikutnya adalah scale up market. Hal terpenting pada bagian ini adalah memastikan donatur kembali berdonasi melalui lembaga kita. Strategi ini disebut juga dengan retention strategy.
Demikian, 4 (empat) hal fundamental yang perlu kita perbaiki sebelum kembali menjalankan aktivitas fundraising kita. Pada pelatihan berbasis kompetensi yang diselenggarakan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi, keempat hal fundamental tersebut diajarkan dengan sangat gamblang berikut praktik langsung dengan kasus yang riil.
Jadi, kesimpulannya, aktivitas fundraising kita akan sukses jika dijalankan oleh para fundraiser yang kompeten. Salah satu kompetensi yang wajib dimiliki adalah Digital Marketing. Kompetensi ini dapat diperoleh melalui Lembaga Sertifikasi Profesi.
Sekian, semoga bermanfaat. Terimakasih.
Komentar
Posting Komentar